Kebijakan Dinas kabupaten Ngawi memberikan fasilitas gratiskan biaya rapid test bagi pelajar di masa Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) Tahun 2020. Pembebasan biaya rapid test diperuntukkan bagi pelajar SMA/sederajat yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar daerah.
Mendasar perintah dari Institusi Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten, Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 440/2141/404.102/2020 tanggal 7 Juli 2020. Dalam isi surat disebutkan tentang pembebasan biaya rapid test bagi pelajar SMA/sederajat Kabupaten Ngawi yang akan meneruskan sekolah/tes di luar daerah Kabupaten Ngawi sebagai syarat pendaftaran ke jenjang selanjutnya.

Bagi pelajar/calon mahasiswa baru dapat mengajukan permohonan rapid test di UPT Puskesmas terdekat maupun di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah. Adapun persyaratan yang harus dilampirkan adalah sebagai berikut :
1. Foto Copy KTP (KTP Asli Ngawi)
2. Foto Copy KK
3. Foto Copy Ijazah
4. Bila Ijasah masih dalam proses dapat menunjukkan tanda peserta test
Begitulah, dampak yang ditimbulkan pandemi covid-19 begitu berpengaruh di dunia pendidikan. Institusi perguruan tinggi maupun calon mahasiswa harus beradaptasi dalam prosedur penerimaan mahasiswa baru. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa baru dari luar daerah adalah dengan mengantongi hasil rapid test.