Bringin.ngawikab.id, Desa Bringin kembali unjuk sikap, sebagai implementasi Undang – undang No. 6 Tahun 2014 tentang desa, salah satunya adalah rutin memasang Baliho Infografis APBDes. Infografis tersebut sebagai sarana memberikan informasi kepada masyarakat tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Memenuhi hal tersebut, Pemerintah Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi kali ini memasang Baliho Transparansi APBDes. Dengan demikian untuk anggaran tahun 2020 dipasang Baliho transparansi APDEs ditempatkan di depan kantor desa serta di setiap Dusun sehingga masyarakat bisa melihat penggunaan anggaran tahun 2020.

Sesuai semangat keterbukaan dan transparansi pemerintah, desa wajib menyampaikan sosialisasi setiap kegiatan kepada masyarakat, salah satunya dalam hal pembangunan yang tertuang didalam dokumen APBDES di setiap tahunnya yang disampaikan kepada masyarakat secara terbuka.

Kendati demikian, sarana sosialisasi atau keterbukaan informasi tersebut bisa juga dilaksanakan dalam berbagai bentuk, misalnya pertemuan masyarakat (Musdus), rapat lembaga desa, musdes dan juga di era milenial sekarang ini juga bisa dilaksanakan dengan media sosial.

“Berkaitan dengan hal tersebut maka kami melaksanakan sosialisasi dengan berbagai cara salah satunya menggunankan media Baner/baliho APBDes.” Ungkap Kepala Desa Bringin, Puji Rahayu. (08/02/2019).

Kades menambahkan, “Dengan adanya baliho ini diharapkan adanya peran serta masyarakat didalam ikut serta melaksanakan dan mengawasi jalanya pelaksanaan APBDES.”