BRINGIN.NGAWIKAB.ID – Jalan merupakan suatu prasarana penghubung darat yang diperuntukkan bagi gerak kendaraan, orang, serta hewan. Untuk membangun suatu jalan yang baru, tentu akan memerlukan metode efektif dalam perancangan agar diperoleh hasil yang terbaik dan ekonomis. Pembangunan jalan bukan hanya pada jalan raya saja, akan tetapi bisa juga pada lingkungan perumahan yang bertujuan untuk mencapai kelancaran jalan dalam melakukan kegiatan, terutama dapat menciptakan suasana yang nyaman dan asri.

Pada umumnya jalan di lingkungan desa masih menggunakan aspal dan batu diperkeras sebagai perkerasan jalannya. Paving Block atau Conblock merupakan suatu alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti aspal dan perkerasan beton tersebut. Bata beton atau sering disebut paving block merupakan salah satu jenis beton non-struktural yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat sejenis, air dan agregat halus dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu dari pada beton tersebut yang sering digunakan untuk membangun sarana prasarana pribadi maupun umum, seperti keperluan jalan, pelataran parkir, trotoar, taman, lantai dan keperluan lainnya. Paving block merupakan konstruksi yang ramah lingkungan dimana paving block sangat baik dalam membantu konservasi air tanah, pelaksanaannya yang lebih cepat, mudah dalam pemasangan dan pemeliharaan, memiliki aneka ragam bentuk yang menambah nilai estetika, serta harganya yang mudah dijangkau. Oleh karena itu, paving block menjadi material bangunan yang penting dalam pembangunan fasilitas umum, khususnya sebagai konstruksi jalan pada lingkungan perumahan.

Untuk itu pada Musyawarah Desa Tahun 2021 telah disepakati untuk mengalokasikan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 untuk membangun jalan paving di lokasi :

1. RT.01/RW.04, Dusun Nampu

    Panjang = 105 m¹, Lebar = 4 m¹

2. RT.07/RW.03, Dusun Genengan

Panjang = 103 m¹, Lebar = 4,1 m¹