Sumberdaya Alam Desa Bringin

Produksi Tanaman Pangan

Padi

Padi merupakan hasil pertanian terbesar di Desa Bringin. Penghasilan pada tahun 2018 sebesar 303 Ha dengan produksi padi 19.562 Kw. 

Jagung

Penghasilan terbesar kedua yaitu jagung. Luas panen pada tahun 2018 mencapai 276 Ha dan produksi sebesar 21.299 Kw.

Kacang Tanah

Desa Bringin memiliki penghasilan pertanian bersumber dari kacang tanah juga. Tahun 2018 mancapai 38 Ha dan produksi mencapai 641 Kw.

Kedelai

Hasil pertanian tanaman kedelai di Desa Bringin tahun 2018 mencapai 780 Kw dengan luas lahan 57 Ha.

Umbi Garut

Umbi yang dapat dijadikan pengganti nasi ini memilki banyak manfaat seperti mencegah anemia, kesehatan pencernaan, baik untuk ibu hamil dan lain sebagainya

Ubi Kayu

Penghasilan pertanian lainnya yaitu ubi kayu. Luas panen pada tahun 2018 mencapai 4 Ha.

Umbi Ganyong

Umbi yang kaya akan kalsium ini sangat berguna untuk memperbaiki dan membangun tulang. Selain itu, umbi ini juga cocok untuk diet dan berfungsi untuk obat tradisional lainnya

Umbi Uwi

Umbi ini juga dapat menjadi alternatif makanan pengganti nasi. Tidak hanya itu, umbi ini juga rendah gula sehingga dapat membantu mengatasi diabetes

Gembili

Umbi satu ini memilki serat tinggi yang mampu membuat pencernaan lebih sehat dengan mengonsumsi gembili sistem pencernaan akan lebih lancar.

Suweg

Tanaman asli Asia Tenggara ini memilki banyak manfaat juga, biasanya dapat digunakan untuk obat khususnya bisul, luka dan menghentikan pendarahan.

Talas

Talas terkenal dalam perannya pada sistem kekebalan tubuh. Umbi talas kaya akan vitamin C yang berfungsi merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat sel darah putih lebih banyak sehingga akan menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit

Tanaman Obat

Kunyit

Kunyit atau Kunir adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

(Sumber : Wikipedia, Sumber Gambar  : Blogspot.com)

Binahong

Binahong atau piahong adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tumbuhan menjalar, berbatang lunak, berdaun tunggal, berbunga majemuk, berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan mengembalikan daya tahan tubuh.

(Sumber : Wikipedia, Sumber Gambar : Blogspot.com)

Temulawak

Temulawak adalah tumbuhan obat. Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang. Manfaat lain rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, antikolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

(Sumber : Wikipedia, Sumber Gambar : Blogspot.com)

Jahe

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Biasanya dipasarkan dalam bentuk 

  • Jahe kering
  • Awetan jahe
  • Jahe bubuk
  • Minyak jahe
  • Oleoresin jahe

(Sumber : Wikipedia, Sumber Gambar : Thespruce.com)